Beli Laptop Puluhan Juta Apakah Layak?

https://icdn4.digitaltrends.com/image/asus-zephyrus-s-gx701-review-6920-1920x1280.jpg

Hari ini saya akan membawakan artikel tentang layakah kita membeli laptop dengan harga puluhan juta. Dapat kita ketahui baru beberapa hari yang lalu kita melaksanakan ibadah puasa dan puncaknya bulan ini adalah Idul Fitri, Pasti kalian semua mendapat THR yang banyak dan mungkin diantara kalian ada yang berpikiran untuk membeli sebuah laptop gaming yang berharga puluhan juta tetapi kalian sendiri pun bingung apakah layak untuk membeli laptop seharga itu, mari kita bahas di artikel ini... 

(Dalam hal ini laptop mahal diartikan dengan Laptop yang memiliki harga diatas atau sekitar 14 jutaan)


1. Laptop Mahal Mempunyai Kualitas Yang Lebih Baik

 
https://static05.cminds.com/wp-content/uploads/00052-1300x867.jpg

Sekarang kita akan bahas subbab tentang "semakin mahal sebuah laptop akan mempunyai kualitas yang semakin baik" Ya benar bahwa performa sebuah laptop yang memiliki harga yang mahal akan memiliki kualitas yang lebih baik dan performa yang diberikan juga tidak main-main. Seperti Contohnya di harga 6 juta kamu akan mendapatkan spesifikasi laptop dengan processor Intel i3 atau AMD Ryzen 3 berbeda dengan laptop yang berada di harga sekitar 15 juta, kalian bisa mendapatkan laptop berspesifikasi processor Intel i7 beserta kartu grafis GTX series dari perbedaan itu dapat kalian ketahui akan mengakibatkan performa yang sangat berbeda sekali dan akan memberikan daya yang sangat besar yang dapat menunjang aktivitas keseharian kamu!


2. Laptop Mahal Memiliki Beban Yang Berat



"Laptop yang mahal akan memiliki beban yang lebih berat" Pernyataan itu benar karena sebuah laptop akan diberikan tambahan hardware yang berbeda bandingkan dengan laptop yang lebih murah. Misalnya saja di laptop 15 juta akan mendapatkan HDD dan SSD berbeda dengan laptop di harga 7 jutaan kalian hanya akan mendapatkan salah satunya antara HDD atau SSD jarang didapati laptop 7 jutaan yang memiliki SSD dan HDD bersamaan, hal lain yang menjadi faktor adalah sistem pendingin laptop, laptop dengan harga 15 juta memiliki sistem pendingin yang lebih baik karena mereka menggunakan prosesor yang lebih tinggi (Processor yang lebih tinggi akan menghasilkan panas yang tinggi juga) Jadi laptop tersebut membutuhkan pendingin yang lebih baik agar sistem pendinginnya berjalan baik.


3. Laptop Mahal Memakan Banyak Ruang

https://blog.mamikos.com/wp-content/uploads/2016/11/membuat-meja-laptop-dari-botol-air-mineral.jpg


Di Indonesia laptop mahal memiliki rata-rata ukuran layar sekitar 15,6 inci hal itu dikarenakan biasanya laptop mahal dilengkapi dengan numpad, pada akhirnya produsen pun memberikan solusi dengan memberikan layar 15,6 inci selain itu produsen juga memberikan fitur layar Full HD agar konsumen merasa puas, sebenarnya Full HD dilayar 14 inci bisa dilakukan tetapi akan menampilkan layar yang kecil dan kurang nyaman. Bukan itu saja daya yang dibutuhkan sebuah laptop mahal itu cukup besar karena memiliki spesifikasi yang tinggi akhirnya produsen mengakali dengan charger yang memiliki double power hal itu akan terasa berat ketika dibawa dan memakan ruang saat mencharge.

Kesimpulan:

Laptop mahal layak untuk digunakan untuk pekerjaan yang berat sehari-hari  (Rendering, Monitoring, Editing, dll) tetapi ingat bahwa itu adalah sebuah laptop yang fungsinya untuk portable (Bisa dibawa kemana-mana) Bukan PC yang bersifat statis/permanen jadi jangan menyiksa laptop dengan berjam-jam menjalankan program yang berat karena dapat menurunkan performa laptop secara berkala.





Web Designer, Designer, Keyboardist, Gamer

Bagikan Artikel!

Artikel Terkait

Terbaru
Sebelumnya
Selanjutnya »
Load Comments